Selasa, 15 Mei 2012

Tentang CIQAL



CIQAL (Center for Impoving Qualified Activity in Live of People with Disabilities) adalah organisasi yang berdiri 2003 dan bekerja untuk penyandang disabilitas/difabilitas. CIQAL fokus pada kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari teman-teman difabel/disabel. Agar mereka bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam hidup bermasyarakat.

Sebagaimana LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) lainnya, CIQAL juga mempunyai cita-cita dan juga mimpi. Cita-cita dam mimpi CIQAL adalah agar teman-teman difabel meningkat kesejahteraan ekonominya serta mandiri terutama secara ekonomi.  Hal ini tak lain karena dari temuan CIQAL, teman-teman difabel masih sering menjadi pihak yang terpinggirkan. Dan banyak dari mereka termasuk dalam golongan yang lemah secara ekonomi, pendidikan dan ketrampilan.

Untuk mewujudkan mimpi itu, telah banyak kegiatan yang telah dilakukan CIQAL. Mulai dari pemberian pelatihan-pelatihan, penanganan korban gempa Yogyakarta 2006, penyadaran hak politik bagi difabel, sampai pada event-event disabilitas seperti Sunday Morning Gathering. Dan dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya, CIQAL telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, swasta maupun lembaga lain, baik dari dalam maupun luar.

Saat ini CIQAL sedang fokus pada Program Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini merupakan kelanjutan dari program yang sama pada tahun 2010 dan 2011. Dan program ini merupakan kerja sama CIQAL dengan CARITAS GERMANY.

Selain itu, CIQAL juga aktif mensosialisasikan UNCRPD (United Nation Convention Right of People with Disabilities), yaitu konvensi PBB tentang hak penyandang disabilitas. Konvensi ini telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dengan dikeluarkannya UU No. 19/2011. 

Baru-baru ini CIQAL juga aktif ikut dalam tim yang menginisiasi terbentuknya Raperda DIY tentang disabilitas di propensi DIY. Dan Raperda itu sekarang masih dalam proses di DPRD Propinsi DIY. Di sini CIQAL bekerja sama dengan DRF (Disability Right Fund). 

Untuk informasi lebih lanjut atau sekedar berbagi pengalaman, bisa menghubungi CIQAL. Saat ini CIQAL berkantor di Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Terakhir, mari kita wujudkan inklusifitas dalam kehidupan bermasyarakat. Karena disabilitas adalah bentuk lain dari keragaman. Dan alangkah indahnya dunia ini, jika dalam keberagaman itu kita bisa saling menghargai, saling membantu, dan saling merangkul satu sama lain, tanpa saling meminggirkan. Karena Allah menciptakan manusia itu berbeda-beda adalah untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lain.

Update Profil CIQAL bisa dilihat di sini.

2 komentar:

www.quantumnusa.com mengatakan...

saya tertarrik untuk bergabung dengan CIQAL
saya saat ini sedang menyelesaikan kuliah magister psikologi
namun saya memiliki banyak waktu luang untuk
mengembangkan danmengaplikasikan ilmu saya
bagaimana caranya bergabung dengan CIQAL

ciqal.blogspot.com mengatakan...

Akan lebih baik jika sebelumnya menghubungi via email: ciqal2003@yahoo.com
Mungkin kita bisa saling sharing dan saling membantu.